Monday, 28 January 2013

Macam Macam Vespa

Vespa adalah merek sepeda motor jenis skuter yang berasal dari Italia. Perusahaan induk dari Vespa, adalah Piaggio. Pada awal kedatangannya Vespa mempunyai saingan berat skuter Lambretta, sekarang otomatis Vespa sebagai motor skuter konvensional tidak mempunyai saingan lagi.




1. MP5(moto piagio 5) paperino
diproduksi tahun 1943
di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10



2. MP6 Prototipe
diproduksi tahun 1945
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 37.28 mph
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8



3. Vespa 98 dan vespa 98 II
diproduksi tahun 1946 dan seri kedua dikeluarin setahun setelah itu, di juluki "motoleggera utilitaria vespa"
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60 Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
tidak ade perbedaan significan disini dibedakan oleh design aja gan cek this
yang ini keluaran tahun '46 (vespa 98)




4. Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit)
diproduksi pada tahun 1947 mungkin disini perbedaan dari seri sebelum nya yaitu adanya penambahan pada kecepatan dari motor ini dan biasa disebut corsa
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi dan almunium head
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 80km/jam - 98 cc racing : 100km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
dari segi bentuk silahkan nilai mana yang lebih keren gan...
vespa 98 cc race




5.Vespa 125 , vespa 125corsa "telaio in lega" , vespa 125 corsa circuit
diproduksi tahun 1948 - 1949 ini lah tahun dimana vespa meluncur kan mesin 125cc dan pada tahun ini juga produksi vespa 98 di stop oleh piagio
vespa 125


vespa 125 corsa
nah yang ini agak aneh di bentuk nya unik banged gan... sekarang saya juga dah gak pernah liat ni ... tapi ada yang lebih aneh lagi gan...


vespa 125 corsa circuit


6.vespa monthlery
jenis ini di produksi tahun 1950 dengan model yang lebih sporty dan aerodinamis dengan kecepatan max 136 km/jam , dari segi bentuk emang agak aneh si gan dari sebelum nya



7. vespa 'siluro' dan vespa 125
pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa 'siluro' di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948 tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock
vespa 'siluro'


































Vespa memiliki banyak tipe, diawal kemunculan nya pada tahun
1945 sampai 2008 telah tercipta tipe/jenis-jenis vespa yang merupakan bintang pada tahun nya. berikut ini jenis-jenis nya :
Vespa MP6 Prototipe, 1945
Vespa V30, 1951

Vespa VL1, 1955

Vespa GS V2, 1956

Vespa GS Mk1, 1962

Vespa Super-Sprint 90, 1965

Vespa Primavera, 1968

Vespa Rally, 1972

Vespa New PX, 1998/1999

Vespa ET4, 2001

Vespa LX, 2005-2007

Vespa GTV, 2007-2008

Vespa S, 2008


Tipe model aliran modifikasi Vespa

Sudah pernah lihat film Quadrophenia (1979) ???…atau kalau ngga, sudah pernah lihat rekan-rekan club skuter lagi kongkow-kongkow, nahhhh…disitu pasti sampean akan melihat banyak sekali ubahan atau modifikasi pada skuter Vespa yang dimodel bermacam-macam. Okeiii…kali ini, saya akan sedikit menjabarkan beberapa aliran modifikasi yang kerap kali dianut oleh masing-masing scooterist.
- Classic Vintage.
Acuan dari modifkasi ini adalah merestorasi kembali motor Vespa kekondisi awal. Banyak sekali para scooterist yang menganut aliran ini, dikarenakan lebih simpel dan mudah dalam pengerjaan, maka modifikasi ini kerap kali dijadikan acuan dalam membangun motor kesayangannya. Tidak banyaknya pernak pernik yang menempel pada body motor, kesan apik dan resik pada sisemok, menjadi tonjolan utama pada modifikasi ini. Dan terus terang saya pribadi juga penganut aliran classic vintage pada ‘nyah sexy’. Kesan retro nan jadoel kian menambah nilai lebih pada skuter yang dijadikan tambatan hati para penyemplaknya.

- Brit Style.
Brit Style atau British Style adalah aliran yang pertama kali dipopulerkan dinegeri Victoria, penggunaan kaca spion berlebih, pemasangan aksesoris lampu, windshield tinggi menjulang, besi behel protektor depan-belakang, wisssss…pokoknya segala macam antribut berkesan blink-blink nempel pada sekujur body sisemok. Sebenarnya bukan tanpa sebab para skuter lovers memasang berbagai aksesori seperti diatas, kesan manis, gagah dan unsur proteksi extra pada body motor jika terjadi kecelakaan bisa diminimalisir. Dan jika sampean penyuka berbagai hal yang berbau blink-blink plus rame, bisa menjadi pertimbangan dalam memilih aliran modifikasi ini.

- Racing Look.
Sama seperti judulnya, kesan sporti bak pemburu kecepatan, kerap dijadikan rujukan speed freakers para penggemar skuter. Pemasangan stang trondol, pemangkasan tinggi dan coak tebeng depan, jok single seater, pengaplikasian perpindahan gigi model cungkil layaknya motor sport, ber’air scoop, pemakaian knalpot racing harus wajib, dan kondisi mesin korek habis…jauh dari kata orisinil standar mesin Vespa. Sebenarnya ubahan seperti ini hanya cocok untuk arena balap dan tidak akan nyaman untuk dikondisikan dijalan raya, apa sebab…??? jika melihat motor yang lebih kencang, bawaannya pengin ngejar dan mendahului sejauh mungkin :-D .

- Chopper Style.
Arahan modifikasi yang lebih banyak berkiblat pada motor-motor chopper khas produk Harley Davidson, menjadi acuan utama para penikmat modif ini. Pemotongan sasis body secara total, pembentukan rangka baru, pengaplikasian shockbreker motor batangan, penggunaan ban belakang lebih gembot dari pada depan, jok single seater, perancangan sudut rake yang dibuat centang dan penggunaan knalpot free flow adalah ciri khas dari modifikasi ini. Biasanya biaya modif yang dihabiskan untuk membuild up satu Vespa Chopper hampir sama dengan membeli motor bebek Jepang 2nd. Selain untuk tampil beda, kebanyakan para penggila modifikasi ini adalah kaum muda yang ingin tampil berbeda alias out of the box :-D .

- Rat Bikers.
Satu lagi modifikasi nyleneh bin ajaib, segala macam barang berguna maupun tidak berguna biasanya nangkring dimotor ini. Pemasangan sespan abal-abal, pemanjangan sasis tengah, dan kesan dekil nan lusuh adalah ciri utama dari ubahan Rat Biker pada Vespa. Suara parau kenalpot free flow yang memekakkan telinga kadang menjadi kenikmatan tersendiri bagi si riders. “Masa bodo dengan yang tidak menyukainya…yang penting aku enjoy”, itu mungkin ungkapan bagi penikmat modif ini. Segala unsur ketidaknyamanan bagi bikers waras dan terbebas dari perangkat safety riding dalam berkendara adalah menu wajib bagi skuter yang terjangkiti aliran ini.

- Ekstrem.
Kalau yang ini bisa dikatakan sebagai arahan modifikasi yang benar-benar total berbeda dengan yang lain, kenapa bisa seperti itu? karena sudah tidak mempunyai pakem yang jelas. Kondisi sudah diluar model standar pabrikan, penambahan atau mungkin malah pembentukan ulang design dan model dari nol adalan konsep yang biasanya banyak diambil oleh para penikmati modif ini.

- Low Riders.
Dan yang terakhir adalah modifikasi Low Riders alias ceper. Tidak mengenal itu kendaraan roda 4 atau 2, pasti pernah menerapkan modif ini, memang modifikasi ceper tidak pernah mati. Dalam dunia skuterpun juga bisa terjangkiti wabah ini, tidak mengenal itu basic modif vintage classic, chopper style, ataupun rat bikers, bisa saja menerapkan unsur ceper pada skuternya. Tapi awas, jika sampean mengaplikasikan model ceper di vespa kesayangan, hal yang perlu dijauhi adalah polisi tidur dan jalan yang makadam.

Demikian dari saya,
Salam.
Bonus :-D

Bagi penggemar Vespa terdapat beberapa aliran ; ada yang suka vintage, resto, dan modifikasi. Nah pada aliran modifikasi pun terbagi lagi: british/mod style yang mengaju pada gaya scooterist inggris era 60-70an, modifikasi touring, modifikasi racing, modifikasi rat-bike, dan terakhir modifikasi chopper.
Modifikasi chopper mulai marak di awal tahun 2000an. ini mungkin bermula dari ide scooterist yang berkantong pas-pasan namun ingin mempunyai motor seperti chopper.
:tampak depan:
:tampak belakang:
:mesin nya gan:
:tambahan nya nih gan:




Here’s a fantastic Lambretta scooter modification for you: a scooter with a VW “Kombi” van sidecar! If there weren’t an actual person on the picture it would seem that is is just a toy. It sure puts on extra weight and will reduce the top speed and acceleration but with such a look it should not matter
:nih gan vespa VW nya:
:.:
:.:
:.:
Siapa bilang MIO otomatis duluan? – Selagi musim small frame belum berganti, ada baiknya kita bahas sedikit tentang jenis Vespa yang satu ini. Vespa Corsa, salah satu jenis vespa dan sepeda motor bertransmisi otomatis pertama di Indonesia. Makanya saya sangat tidak setuju dengan Yamaha MIO dengan slogannya “Otomatis Duluan”, yang berhak menggunakan slogan itu adalah Vespa Corsa yang di produksi pada tahun 1991 dan berhenti pada tahun 2006. Entah yang bikin slogan bego atau memang tidak tahu Corsa adalah motor matic pertama di Indonesia
Bahkan kalo di Italiano, Vespa matic udah dari tahun 1983/1984, zamannya Vespa PK 125. Jika dibandingkan antara Corsa dengan PK 125 ada banyak kemiripan di banyak hal, seperti bentuk body, kapasitas mesin dan transmisi. Bisa dibilang Corsa mengadaptasi atau turunan dari PK 125.
Seiring dengan makin membanjirnya skuter matic di Indonesia, Vespa Corsa tidak mau ketinggalan. Corsa tetap memiliki penggemar yang fanatik. Apalagi dengan mewabahnya demam “small frame” akhir-akhir ini, ikut mengibarkan bendera Corsa ditengah hingar bingar skuter matic kompetiror. Keunggulan Corsa diantara skuter matic yang lain adalah Corsa gak di kredit, jadi yang beli hanya orang-orang kaya saja
:nih gan yang namanya corsa:
:.:
:.:
:.:


Sebenarnya ane pribadi tidak terlalu tahu atau bahkan tidak tahu sama sekali tentang Vespa keluaran tahun lawas. Iseng-iseng browsing,ane menemukan beberapa data dan informasi.ane sadur dari berbagai sumber, berikut informasi yang ane dapatkan, semoga berguna dan jika salah mohon diluruskan, jika kurang mohon ditambahkan. Otreh yah gan …Save our Vespa!!
Macam – macan Vespa tua lain nya nih gan
:Vespa 98 / 1946-1947:

Tahun :1946 / 1947
VIN :V98
Nomor :01 / 18079
Produksi :18079 unit Fork depan masih mengadopsi roda pesawat terbang dan berada di sebelah kiri ban depan (sekarang di sebelah kanan ban). Dengan kapasitas mesin 98 cc maksimal kecepatan hanya 75 km/jam, konsumsi bahan bakar 3 : 100 atau 3 liter buat 100 km, irit kan? Vespa 98 ini di produksi tahun 1946, sebagai cikal bakal model Vespa yang melegenda hingga sekarang. Pertama beredar, V98 sangat diminati oleh masyarakat karena harganya yang murah serta keamanan dan kenyamanannya. Di tahun berikutnya (1947) V98 di produksi dengan jumlah unit yang sama (18079 unit), dan hasilnya laris manis di pasaran.
:Vespa 125 – 1948:

Tahun :1948 / 1950
VIN :V1T – V15T
Nomor : 01 / 104096
Produksi : 104096 unit Vespa 125 ini dibuat berdasarkan pendahulunya V98, yang terlihat berbeda adalah kapasitas mesin yang lebih besar yaitu 125 cc dan shock depan berada di sebelah kanan. Bentuk body, stang dan head lamp masih mirip dengan V98. Melihat antusiasme masyarakat yang besar pada Vespa, V125 diproduksi hingga 104096 unit selama periode 1948 hingga 1950..
:Vespa 125 Hoffmann – 1950:

Vespa Hoffmann diproduksi antara tahu 1950 – 1954 di Jerman. Ini semua diawali saat pada tahu 1949, Piaggio setuju memberikan lisensi kepada Hoffmann untuk memproduksi dan memperdagangkan. Vespa 125 Hoffmann tidak hanya di perdagangkan di Jerman saja, tapi juga di Inggris dan Perancis. D Inggris di kenal dengan nama Vespa Douglass karena perjualannya di bawah lisensi Douglass dan di Perancis di bawah lisensi PACMA.
 
 
 
 
 
:vespa tua lain nya gan:








Ada Juga Miniatur nya loh gan …
:miniatur vespa:








1. MP5(moto piagio 5) paperino
diproduksi tahun 1943
di produksi akhir perang dunia ke 2 dengan spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
- ban : 4.00-10

2. MP6 Prototipe
diproduksi tahun 1945
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 37.28 mph
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8

3. Vespa 98 dan vespa 98 II
diproduksi tahun 1946 dan seri kedua dikeluarin setahun setelah itu, di juluki “motoleggera utilitaria vespa”
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 60 Km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
hgjtidak ade perbedaan significan disini dibedakan oleh design aja gan cek this
yang ini keluaran tahun ’46 (vespa 98)

4. Vespa 98 cc Race dan vespa 98 cc racing (circuit)
diproduksi pada tahun 1947 mungkin disini perbedaan dari seri sebelum nya yaitu adanya penambahan pada kecepatan dari motor ini dan biasa disebut corsa
spesifikasi sebagai berikut :
- mesin : 2stroke single sylinder dengan sylinder terbuat dari besi dan almunium head
- bore : 50mm
- stroke : 50mm
- top-speed : 80km/jam – 98 cc racing : 100km/jam
- transmisi : chain atau cardan
- rem : drum
-ban : 3.50-8
vespa 98 cc race


5.Vespa 125 , vespa 125corsa “telaio in lega” , vespa 125 corsa circuit
diproduksi tahun 1948 – 1949 ini lah tahun dimana vespa meluncur kan mesin 125cc dan pada tahun ini juga produksi vespa 98 di stop oleh piagio
vespa 125

vespa 125 corsa
nah yang ini agak aneh di bentuk nya unik banged… sekarang saya juga dah gak pernah liat ni … tapi ada yang lebih aneh lagi…

vespa 125 corsa circuit

6.vespa monthlery
jenis ini di produksi tahun 1950 dengan model yang lebih sporty dan aerodinamis dengan kecepatan max 136 km/jam , dari segi bentuk emang agak aneh si gan dari sebelum nya

7. vespa ‘siluro’ dan vespa 125
pada tahun 1951 ini vespa mengeluarkan 2 produk yang berbeda segmen untuk vespa ‘siluro’ di keluarkan dengan design yang cukup unik sedangkan untuk vespa 125 yang di produksi lagi mirip dengan vespa keluaran tahun 1948 tetapi memiliki kelebihan lebih nyaman untuk dikendarai karena menggunakan suspensi hydraulic shock
vespa ‘siluro’

vespa 125 (1951)

No comments:

Post a Comment

Post a Comment